top of page

BREEDING PROGRAM BANTENG JAWA, KERJASAMA RAGUNAN ZOO Dan TSI II PRIGEN

Oleh : Taman Margasatwa Ragunan


Bulan Januari 2021 sedang berlangsung proses kerjasama pemindahan satwa Banteng Jawa antara Taman Margasatwa Ragunan dengan Taman Safari Indonesia II Prigen. TSI II Prigen akan mengirim sepasang Banteng Jawa bernama Bejo dan Tika. Program pemindahan satwa ini adalah sesuai rekomendasi dari PKBSI-GSMP dalam rangka pelestarian jenis dan peningkatan kualitas genetik satwa banteng di Lembaga Konservasi.


Untuk persiapan kedatangan sepasang Banteng tersebut, Taman Margasatwa Ragunan menyiapkan fasilitas kandang tidur dan enclosure. Enclosure yang kami siapkan berupa lapangan rumput berbentuk segitiga dengan beberapa vegetasi di dalamnya.


Taman Margasatwa Ragunan saat ini memiliki 8 ekor Banteng Jawa, 3 jantan dan 5 betina. Diharapkan kedatangan Banteng Jawa dari TSI II Prigen nanti dapat menambah jumlah dan menjaga kemurnian genetik Banteng Jawa melalui program perkembangbiakan satwa Banteng.

Banteng Jawa di Taman Margasatwa Ragunan (foto : TM Ragunan)

Kandang enclosure banteng Jawa di Taman Margasatwa Ragunan (foto : TM Ragunan)

0 comments

Recent Posts

See All

Action Indonesia Webinar

On July 14, 2022 professionals from across the globe got together to discuss Action Indonesia day, how it began and how Zoos have been participating in the awareness event since its inception in 2019!

bottom of page